Berita Komunitas Adat Sulteng 

AMAN Sulteng Dukung Vaksinasi Masyarakat Adat di Parimo

PW AMAN SULTENG, PALU – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendukung rencana Dinas Kesehatan Parigi Moutong (Parimo) melakukan vaksinasi kepada masyarakat adat di lima kecamatan Kabupaten Parimo.

Hal itu disampaikan oleh Asran Dg Patompo selaku Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Tengah Kamis (16/09). Ia mengatakan, Adapun lima kecamatan itu adalah Kecamatan Palasa, Tomini, Tinombo, Ongka, dan Kotaraya. Tekait vaksinasi tersebut, Ketua AMAN Sulteng bersyukur akan adanya vaksinasi kepada masyarakat adat di Kabupaten Parimo.

“Jadi terkait vaksinasi di tingakat Masyarakat Adat tersebut, kami juga dari Aliansi Masyarakat Adat sangat bersyukur dari Dinas Kesehatan khususnya Kabupaten Parigi Moutong yang ada keinginan bagaimana Masyarakat Adat dapat di vaksin,” ucapnya

Lanjut Asran, sampai sekarang masih banyak Masyarakat Adat yang belum memahami soal vaksinasi. Sehingga ia berharap vaksinasi yang dilakukan tenaga kesahatan (Nakes) dari Dinas Kesehatan Parimo dapat berjalan dengan baik.

“Karena masih banyak Masyarakat Adat yang belum di vaksinasi, karena banyak juga pemahaman belum mengetahui soal vaksin, tapi kami juga berupaya agar berharap vaksin dari Nakes (Tenaga Kesehatan) bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Asran menuturkan, saat ini Komunitas Masyarakat Adat di Kabupaten Parimo sebanyak Tujuh komunitas yang terdiri dari Komunitas Masyarakat Adat Ta’a, Tara, Rai, Lauje, Taje, Tajio, dan Tialo.

“Untuk saat ini Aliansi Masyarakat Adat di Kabupaten Parigi Moutong kemarin ada 26 Komunitas, tetapi setelah kita identifikasi kembali ternyata tinggal Tujuh komunitas lewat dialegnya, termasuk komunitas Ta’a, Tara, Rai, Lauje, Taje, Tajio, dan Tialo itu sudah kami yang bersama-sama Aliansi Masyarakat Adat ngotot direkomendasikan dan bahkan di Perda (Peraturan Daerah) pengakuan Masyarakat Adat,” jelasnya

Asran menambahkan, selama ini penanganan Covid-19 juga dilakukan AMAN kepada Masyarakat Adat dan antusias penanganan tersebut sangat besar. Bahkan, dalam waktu dekat AMAN Sulteng akan bekerjasama dengan Polri untuk melakukan vaksinasi kepada Masyarakat Adat di Sulteng.

“Dari AMAN sendiri untuk antusias penanganan Covid-19 di tingkat Masyarakat sangat besar karena kami juga untuk penanganan Covid-19 di tingkat Masyarakat Adat ini, AMAN juga bekerjasama dengan Polri untuk penanganan Covid-19 dan juga dalam waktu dekat kita bekerjasama dengan Nakes, kami berupaya bagaimana Nakes dengan pengurus AMAN di tingkat daerah sama-sama sosialisasi di tingkat komunitas.” Tutupnya

Related posts

Leave a Comment